ANALISIS PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP LKPD IPA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM)

PAD, LIAH (2023) ANALISIS PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP LKPD IPA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM). S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS PADLIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini.bertujuan mendeskripsikan persepsi guru dan siswa terhadap LKPD IPA Terapan dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). LKPD IPA Terapan dan instrumen angket persepsi guru dan siswa divalidasi oleh 3 orang validator ahli sebelum diimplementasikan di sekolah, Subjek penelitian ini responden sebanyak 4 orang guru IPA dan 160 siswa kelas X SMKN di Lombok Barat. pengumpulan data menggunakan angket terkait persepsi guru dan siswa terhadap LKPD IPA Terapan, data angket menggunakan skala likert dengan kriteria skor, kemudian dilakukan interpretasi data berdasarkan kriteria praktis. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil validasi LKPD IPA Terapan memperoleh nilai rata-rata 90.8, validasi persepsi guru diperoleh nilai rata-rata 86 dan validasi persepsi siswa memperoleh nilai rata-rata 86 dan nilai rata-rata keseluruhan 87.6, hasil validasi LKPD IPA terapan dengan pembelajaran berbasis masalah termasuk kriteria dikatakan layak untuk digunakan, sedangkan hasil analisis data pada persepsi guru memperoleh nilai rata-rata 92 dan persepsi siswa memperoleh nilai rata-rata 85,54 artinya LKPD IPA Terapan dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBM) tergolong sangat baik dan sangat praktis, untuk digunakan pada siswa SMK.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Lembar Kerja Peserta Didik, Pembelajaran Berbasis Masalah, Persepsi Guru, Persepsi Siswa.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:02
Last Modified: 18 Jan 2023 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34514

Actions (login required)

View Item View Item