PERGESERAN PERAN GENDER DALAM KELUARGA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU REMAJA DI LINGKUNGAN TENGANAN KELURAHAN GONJAK KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

ENDANG YULIA, EKAWATI (2023) PERGESERAN PERAN GENDER DALAM KELUARGA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU REMAJA DI LINGKUNGAN TENGANAN KELURAHAN GONJAK KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ENDANG YULIA EKAWATI (E1S016023).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui terjadinya pergesseran peran gender dalam keluarga; 2) Mengetahui factor-faktor penyebab terjadinya pergeseran peran gender dalam keluargadan 3) Mengetahui dampak dari pergeseran peran gender dalam keluarga terhadap prilakuremaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan: 1) banyak terjadinya pergeseran peran gender dalam keluarga di Lingkungan Tenganan 2) pergeseran peran gender dalam keluarga disebakan antara lain oleh factor ekonomi, sulitnya mendapatkan pekerjaan, membantu biaya sekolah anak, membayar hutang keluarga serta ada juga karna suaminya sudah lama tidak bekerja karna sering sakit-sakitan sehingga terjadi pergeseran peran gender dalam keluarga yang menyebabkan kurangnya kasih sayang terhadap anak dan keharmonisan keluarga; 3) Adanya dampak dari pergeseran peran gender dalam keluarga terhadap perilaku remaja baik dampak positif maupun dampak negative.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pergeseran Peran, Gender, Perilaku remaja
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:02
Last Modified: 18 Jan 2023 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34516

Actions (login required)

View Item View Item