ANALISIS LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN ETNOPEDAGOGI PADA PEMBELAJARAN KIMIA

M. NAJAMUDIN, NOPRIADI (2023) ANALISIS LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN ETNOPEDAGOGI PADA PEMBELAJARAN KIMIA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains peserta didik setelah pembelajaran dengan pendekatan etnopedagogi pada pembelajaran kimia. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 1 Pujut dan SMAN 2 Pujut yang berjumlah 103 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, tes literasi sains dan angket sikap ilmiah. Pendekatan etnopedagogi dilakukan melalui lima tahapan pembelajaran, yaitu self- identification, content integration, collaboration, dialogue, dan reflection. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan bahwa kategori ketercapaian hasil tes untuk kemampuan literasi sains temasuk kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 53.38 dan frekuensi paling tinggi pada kategori sangat kurang dengan persentase 51.46%. Hasil sikap ilmiah termasuk kategori baik dengan nilai rata- rata 77,41 dan frekuensi paling tinggi pada kategori baik dengan persentase 66.99%.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Literasi Sains, Sikap ilmiah, Etnopedagogi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:02
Last Modified: 18 Jan 2023 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34517

Actions (login required)

View Item View Item