PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 BATUKLIANG TAHUN 2022

WIDYA NARTIKA, SARI (2023) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 BATUKLIANG TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WIDYA NARTIKA SARI E1A018108.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi menggunkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) berbantuan Power Point pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Batukliang Tahun 2022. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasy exsperiment) dengan desain pretest-postest non-control group desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Batukliang dengan jumlah siswa 111. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen I (STAD) dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen II (PBL). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif berupa pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji normalitas dengan menggunakan bantuan SPSS 2.0 for Windows dengan rumus Kolmograv-smirnov dengan taraf signifikansi 5%, uji homogenitas dinalisis dengan menggunakan Levene’s test, dan uji hipotesis dianalisis dengan teknik independent sample t-test pada taraf signifikansi 5% dengan bantuan SPSS 2.0 for Windows. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar Biologi pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran PBL berbantuan power point pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Batukliang tahun 2022

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Student Team Achievement Divisions (STAD), Problem Base Learning (PBL), hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:01
Last Modified: 18 Jan 2023 01:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34518

Actions (login required)

View Item View Item