PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

WIDIAWATI, SISKA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar fisika, (2) pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar fisika, dan (3) interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dengan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian factorial design 2 × 3. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 8 Mataram. Sampel penelitian diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga terpilih kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan menggunakan tes pilihan ganda dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 74,1 dan kelas kontrol sebesar 65,4 serta mengukur gaya belajar siswa dengan pemberian angket gaya belajar. Uji hipotesis menggunakan uji ANAVA dua jalan dengan taraf signifikan 5%. Hasilnya untuk hipotesis pertama menunjukkan bahwa Fhitung 22,85 lebih besar dari Ftabel 4,03 sehinnga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar fisika. Untuk hipotesis kedua menunjukkan bahwa Fhitung 25,05 lebih besar dari Ftabel 4,03 sehinnga terdapat pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar fisika. Sedangkan hipotesis ketiga menunjukkan bahwa Fhitung 4,57 lebih besar dari Ftabel 3,18 sehingga terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dengan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar fisika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pembelajaran kooperatif, group ivestigation, hasil belajar, gaya belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 May 2018 02:45
Last Modified: 02 May 2018 02:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3452

Actions (login required)

View Item View Item