PERKAWINAN CAMPUR (AMALGAMASI) BEDA AGAMA PADA MASYARAKAT MANGGARAI NUSA TENGGARA TIMUR (NTT) (STUDI KASUS DI KECEMATAN REOK KABUPATEN MANGGARAI)

SITI, ARDIANTI (2023) PERKAWINAN CAMPUR (AMALGAMASI) BEDA AGAMA PADA MASYARAKAT MANGGARAI NUSA TENGGARA TIMUR (NTT) (STUDI KASUS DI KECEMATAN REOK KABUPATEN MANGGARAI). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ SITI ARDIANTI_ E1S017081.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui Persepsi serta Motif Masyarakat Melakukan Perkawinan Campur Beda Agama di Kecamatan Reok Kabupaten Manggarai. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasusu. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini yakni, dokumentasi, wawancara dan observasi. Data diperiksa dengan cara mereduksi, menyajikan, dan membuat kesimpulan. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data serta melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mencakup (1) Persepsi masyarakat terhadap perkawinan campur beda agama, yakni: a) Persepsi positif yang menggambarkan segala pengetahuan (tahu tidaknya atau kenal tidaknya) dan tanggapan yang diteruskan dengan upaya pemanfaatannya. b) Persepsi negatif yang menggambarkan segala pengetahuan (tahu tidaknya atau kenal tidaknya) dan tanggapan yang tidak selaras dengan obyek yang di persepsi. (2) Bahwasanya motif masyarakat melakukan perkawinan campur beda agama terdiri dari: a) Motif biogenesis merupakan motif yang berkembang pada diri seseorang dan berasal dari organisme sebagai makhluk biologis, dan motif yang berasal dari lingkungannya. b) Motif sosiogenetis yaitu motif yang dipelajari seseorang dari lingkungan kebudayaan tempat orang itu berada dan berkembang. Motif berkembang berdasarkan interaksi sosial dengan orang-orang sekitar

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Persepsi, Motif Masyarakat, Perkawinan Campur, Beda Agama
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:01
Last Modified: 18 Jan 2023 01:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34521

Actions (login required)

View Item View Item