POLA KEKERABATAN DAN DUKUNGAN SOSIAL PADA PROSES PENYEMBUHAN PASIEN COVID-19 DI DESA NARMADA, KECAMATAN NARMADA, LOMBOK BARAT

ZUHRIATUL FITRIA, ZAMZAMNI (2023) POLA KEKERABATAN DAN DUKUNGAN SOSIAL PADA PROSES PENYEMBUHAN PASIEN COVID-19 DI DESA NARMADA, KECAMATAN NARMADA, LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZUHRIATUL FITRIA ZAMZAMNI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna: mengetahui Pola Kekerabatan dan Dukungan Sosial Pada Proses Penyembuhan Pasien Covid-19 Di Desa Narmada, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang diterapkan pada penelitian ini yakni, wawancara observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menerangkan bahwasanya (1) Pola Kekerabatan Pada Proses Penyembuhan Pasien Covid-19 yaitu Pola kekerabatan Patrilineal (kerabat yang menarik keturunan dari keluarga ayah), Pola kekerabatan Matrilineal (kerabat yang menarik garis keturunan dari keluarga ibu), Kekerabatan Parental (yang menarik garis keturunan dari garis keturunan ayah dan ibu) serta Affinal Kinship. (2) Bahwa Dukungan Sosial Pada Proses Penyembuhan Pasien Covid-19 yakni Dukungan Instrumental yakni dukungan yang bersifat konkrit atau nyata dan Dukungan Penghargaan berupa ucapan semangat dan doa. (3) Keterkaitan antara pola kekerabatan dan dukungan sosial ditandai dengan anggota keluarga dari garis matrilineal, patrilineal, parental dan affinal kinship yang datang secara langsung dengan membawa makanan, minuman, obat-obatan, vitamin, pakaian ganti, handsanitizer serta tissue dan komunikasi secara tidak langsung melalui telfon, chat whatsapp serta videocall.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kekerabatan, Dukungan Sosial, Covid-19, Penyembuhan Pasien
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:01
Last Modified: 18 Jan 2023 01:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34522

Actions (login required)

View Item View Item