PENGARUH KULIT BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) SEBAGAI ZAT PENGATUR TUMBUH ALAMI TERHADAP PERTUMBUHAN AKAR STEK BATANG SINGKONG (Manihot utilissima)

SEPTIANI, AYDA (2023) PENGARUH KULIT BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) SEBAGAI ZAT PENGATUR TUMBUH ALAMI TERHADAP PERTUMBUHAN AKAR STEK BATANG SINGKONG (Manihot utilissima). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Septiani Ayda 12345.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh kulit bawang merah (Allium ascalonicum L.) sebagai zat pengatur tumbuh alami terhadap pertumbuhan akar stek batang singkong (Manihot utilissima). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak kulit bawang merah terhadap pertumbuhan akar stek batang singkong dan mengetahui perlakuan yang paling efektif untuk pertumbuhan akar stek batang singkong. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 1 faktor, yaitu perlakuan konsentrasi ekstrak kulit bawang merah yang memiliki 10 taraf (konsentrasi 0%, 10%, 20%, 30%, 40%, 50%, 60%, 70%, 80%, 90% dan 100% ekstrak kulit bawang merah) dan 3 kali ulangan. Variabel yang diamati pada penelitian ini adalah jumlah akar dan panjang akar terpanjang dari akar stek batang singkong. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji ANOVA dan uji lanjut BNJ taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pemberian ekstrak kulit bawang merah berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan akar stek batang singkong. Konsentrasi kulit bawang merah yang paling efektif untuk pertumbuhan jumlah akar adalah konsenrasi 20%, sedangkan untuk pertumbuhan panjang akar konsentrasi yang paling efektif adalah konsentrasi 30%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Zat Pengatur Tumbuh Alami, Ekstrak kulit bawang merah, Pertumbuhan akar, Stek batang singkong
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:01
Last Modified: 18 Jan 2023 01:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34524

Actions (login required)

View Item View Item