DAMPAK SOSIAL DAN LINGKUNGAN TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) SAMPAH (Studi di Kebon Kongok, Desa Suka Makmur, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat)

SINDY NOVA, TRIASTUTI (2023) DAMPAK SOSIAL DAN LINGKUNGAN TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) SAMPAH (Studi di Kebon Kongok, Desa Suka Makmur, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SINDY NOVA TRIASTUTI SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui dan mengidentifikasi dampak sosial tempat pembuangan akhir sampah dan 2) mengetahui dan mengidentifikasi dampak lingkungan tempat pembuangan akhir sampah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan tahapan-tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dampak sosial dari adanya TPA, terdiri dari 1) dampak positif yaitu terbukanya lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat dan 2) dampak negatif yaitu menurunnya kesehatan masyarakat, berkurangnya interaksi antarwarga, rusaknya infrastruktur, fasilitas desa serta banjir yang sering terjadi dan merugikan masyarakat. Adapun dampak lingkungan dari adanya TPA, yaitu 1) dampak positif yang dirasakan masyarakat pada lingkungan tidaklah signifikan dan 2) dampak negatif yang dirasakan masyarakat pada lingkungan adalah pencemaran lingkungan akibat air limbah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Dampak Sosial, Dampak Lingkungan, Tempat Pembuangan Akhir Sampah
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 09:11
Last Modified: 18 Jan 2023 09:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34532

Actions (login required)

View Item View Item