KEANEKARAGAMAN MAKROFAUNA TANAH DI BAWAH NAUNGAN TANAMAN PORANG (Amorphophallus muelleri blume) DI HUTAN SEKUNDER SENARU LOMBOK UTARA

Lale Rima Aprilla, Gumay (2023) KEANEKARAGAMAN MAKROFAUNA TANAH DI BAWAH NAUNGAN TANAMAN PORANG (Amorphophallus muelleri blume) DI HUTAN SEKUNDER SENARU LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALE RIMA APRILLA GUMAY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL LALE RIMA APRILLA GUMAY.pdf

Download (797kB) | Preview

Abstract

Makrofauna tanah merupakan indikator perubahan penggunaan lahan yang paling sensitif sehingga dapat digunakan sebagai prediktor atau indikator perubahan kualitas lahan. Peran penting makrofauna tanah di lahan pertanian adalah menjaga kualitas lingkungan dan kesuburan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman makrofauna tanah di bawah naungan tanaman porang di Hutan Sekunder Senaru Lombok Utara. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode eksplorasi, yaitu pengambilan sampel langsung di lokasi penelitian dengan menggunakan lubang perangkap (pit fall trap) dan pemilahan manual (hand sorting). Parameter yang diamati adalah indeks keanekaragaman (H`). Ditemukan 2 filum dari makrofauna tanah yang terdiri dari 4 kelas dengan 9 ordo dan 11 famili. Filum Arthropoda sebagian besar dalam kelas Insecta, yang terdiri dari 6 ordo, dan 8 famili, sedangkan filum Mollusca yang terdiri dari 1 kelas, 1 ordo, dan 1 famili. Kelimpahan fauna tanah (makrofauna tanah) dalam suatu ekosistem sangat bergantung pada kondisi lingkungan tempat organisme tersebut hidup dan berkembang. Indeks keanekaragaman makrofauna tanah yang ditentukan di lokasi penelitian berkisar antara 0,05 hingga 0,44 termasuk dalam kategori rendah berdasarkan nilai indeks keanekaragaman Shannon-Wiener yaitu H’ < 1 rendah, H’ 1-3 sedang, dan H’ >3 tinggi, dari tiga lokasi penelitian yaitu tanaman porang berumur 3 tahun, tanaman porang berumur 2 tahun dan tidak ada tanaman porang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur tanaman porang tidak mempengaruhi keberadaan makrofauna tanah, tetapi keberadaan makrofauna tanah dapat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Makrofauna Tanah; Tanaman Porang; Hutan Sekunder; Indeks Keanekaragaman
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 09:10
Last Modified: 18 Jan 2023 09:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34537

Actions (login required)

View Item View Item