IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Ahmad, Prawira (2023) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
CD skripsi ahmad prawira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
jurnal wira fiks.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknologi informasi dan komunikasi untuk efektivitas komunikasi organisasi selama pandemi covid-19 pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lombok Tengah memanfaatkan Teknologi Informasi dan komunikasi berupa aplikasi whatsapp yang digunakan anggota organisasi untuk melakukan komunikasi baik itu formal maupun informal. aplikasi zoom yang digunakan untuk keperluan rapat dengan dinas pusat dan internal Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lombok Tengah serta untuk koordinasi antar dinas-dinas lain di Lombok Tengah. dan e-smart yang digunakan untuk memantau bagaimana hasil kinerja yang dilakukan oleh pegawai serta untuk mendukung kegiatan komunikasi yang berlangsung melalui saluran komunikasi whatsapp dan zoom pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lombok Tengah. Hambatan dalam implementasi teknologi informasi dan komunikasi terletak pada akses internet atau jaringan yang buruk, adanya penyaringan informasi artinya ada hal-hal yang ditutup-tupi, hal ini merujuk pada kinerja pegawai yang dimana pekerjaan yang seharusnya sudah selesai ternyata belum selesai sehingga menghambat kinerja. Tekanan waktu artinya dalam penyampaian informasi memiliki waktu yang terbatas sehingga penyampaian informasi menjadi tergesa-gesa sehingga pegawai sulit memahami informasi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 09:10
Last Modified: 18 Jan 2023 09:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34540

Actions (login required)

View Item View Item