ANALISIS GAYA BAHASA PERSONIFIKASI DAN HIPERBOLA PADA PUISI-PUISI KARYA BOY CANDRA DALAM BUKU KU AJAK KAU KE HUTAN DAN TERSESAT BERDUA DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Septiana Dewi, Sulastri (2023) ANALISIS GAYA BAHASA PERSONIFIKASI DAN HIPERBOLA PADA PUISI-PUISI KARYA BOY CANDRA DALAM BUKU KU AJAK KAU KE HUTAN DAN TERSESAT BERDUA DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SEPTIANA DEWI S. .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan utama penelitian adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan makna gaya bahasa personifikasi dan hiperbola pada puisi-puisi karya Boy Candra dalam buku Ku Ajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berdua dan relevansinya pada pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, karena dalam mendapatkan hasil data berupa analisis gaya bahasa personifikasi dan hiperbola pada puisi-puisi karya Boy Candra dalam buku Ku Ajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berdua dan relevansinya pada pembelajaran sastra di SMA disampaikan dalam bentuk kata atau bahasa yang terdapat dalam larik puisi tidak menggunakan angka untuk mengumpulkan dan menafsirkan isinya. Pada penelitian ini, metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analitik. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode simak dan catat. Metode penyajian hasil analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Pada penelitian ini metode deskriptif digunakan untuk menganalisis gaya bahasa personifikasi dan hiperbola pada puisi-puisi karya Boy Candra dalam buku Ku Ajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berdua dan relevansinya pada pembelajaran sastra di SMA. Dari hasil analisis data, penulis menemukan penggunaan gaya bahasa pada personifikasi sebanyak 20 data dan hiperbola 19 data.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): gaya bahasa, puisi, relevansinya pada pembelajaran sastra di SMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 09:10
Last Modified: 18 Jan 2023 09:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34543

Actions (login required)

View Item View Item