PENGEMBANGAN MODUL MOMENTUM DAN IMPULS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

LINDA, JULIARTI (2023) PENGEMBANGAN MODUL MOMENTUM DAN IMPULS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LINDA JULIARTI - E1Q018041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul momentum dan impuls berbasis problem based learning yang layak, efektif, dan praktis. Kelayakan modul ditinjau dari hasil validasi modul yang selanjutnya digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disserminate. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dan angket respon peserta didik terhadap modul. Hasil analisis CVI modul momentum dan impuls berbasis problem based learning oleh dosen ahli sebesar 1 yang termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan hasil analisis CVI oleh praktisi sebesar 1 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Data pretest dan posttest dianalisis untuk menentukan peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui uji N-gain. Hasil analisis data diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,61 dengan kategori sedang yang menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis angket respon peserta didik terhadap modul menunjukkan kriteria sangat positif dengan perolehan rata- rata sebesar 82,03%. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan sangat layak, efektif, dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): engembangan, Modul, Momentum dan Impuls, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 09:10
Last Modified: 18 Jan 2023 09:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34547

Actions (login required)

View Item View Item