PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI KREATIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

SHABILLA RAMADHITA, ALGIANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI KREATIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SHABILLA RAMADHITA ALGIANI (E1A018090).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Untuk dapat bersaing di abad ke-21, peserta didik perlu dibekali dengan life skills (keterampilan hidup) salah satunya keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan berpikir kreatif tidak dapat dipisahkan dari disposisi kreatif atau yang bisa disebut sebagai kebiasaan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing dengan pendekatan Self Regulated Learning terhadap disposisi kreatif dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel yaitu dengan metode purposive sampling. Variabel bebas penelitian, yaitu Model Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Self Regulated Learning (IT-SRL) dan model Inkuiri terbimbing biasa. Variabel terikat penelitian, yaitu disposisi kreatif dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Data disposisi kreatif siswa diperoleh dari angket disposisi kreatif sementara data keterampilan berpikir kreatif siswa diperoleh dari tes keterampilan berpikir kreatif yang disusun berdasarkan indikator keterampilan berpikir kreatif. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji ANCOVA. Hasil Penelitian disposisi kreatif siswa diperoleh nilai Sig. (p) = 0,022 < 0,05 sementara keterampilan berpikir kreatif diperoleh nilai Sig. (p) = 0,013 < 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model IT-SRL berpengaruh signifikan terhadap disposisi kreatif dan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Disposisi kreatif, Keterampilan berpikir kreatif, Model Inkuiri Terbimbing, Self Regulated Learning
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 09:10
Last Modified: 18 Jan 2023 09:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34550

Actions (login required)

View Item View Item