ANALISIS KARAKTERISTIK MORFOMETRIK DAUN MANGROVE JENIS Rhizophora mucronata DAN PARAMETER LINGKUNGAN DI KAWASAN PESISIR PANTAI CEMARA DESA LEMBAR SELATAN KABUPATEN LOMBOK BARAT

ABDUL, HOLIK (2023) ANALISIS KARAKTERISTIK MORFOMETRIK DAUN MANGROVE JENIS Rhizophora mucronata DAN PARAMETER LINGKUNGAN DI KAWASAN PESISIR PANTAI CEMARA DESA LEMBAR SELATAN KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ABDUL HOLIK_C1L018001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_ABDUL HOLIK_C1L018001.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

Hutan mangrove di pesisir Pantai Cemara terdiri dari (i) mangrove hasil rehabilitasi pada kawasan bekas tambak, (ii) mangrove hasil rehabilitasi yang tercemar oleh limbah rumah tangga dan aktivitas wisata, serta (iii) mangrove alami yang berdekatan dengan aktivitas pelabuhan. Spesies dominan pada pesisir Pantai Cemara adalah jenis Rhizophora mucronata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesehatan mangrove berdasarkan morfometrik daun dan kualitas lingkungannya di tiga kondisi tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Stratified Sampling, yaitu menentukan stasiun berdasarkan karakteristik masing-masing lokasi. Stasiun I berada pada hutan mangrove hasil rehabilitasi pada area bekas tambak, Stasiun II dilihat dari hutan mangrove hasil rehabilitasi yang tercemar oleh limbah rumah tangga dan aktivitas ekowisata dan Stasiun III berada pada hutan mangrove alami yang berdekatan dengan aktivitas pelabuhan. Nilai koefisien keragaman (KK) dari rasio morfometrik daun diperoleh sebesar 10,68% untuk stasiun I, 9,89% untuk stasiun II, dan 8,48% untuk stasiun III. Hasil uji beda dengan uji Kruskall-Wallis menunjukkan bahwa rasio morfometri daun di lokasi alami (stasiun III) berbeda nyata dengan di lokasi rehabilitasi (stasiun I dan II). Berdasarkan nilai KK rasio morfometrinya, mangrove hasil rehabilitasi di stasiun I termasuk tidak sehat (nilai KK di atas 10%), stasiun II hampir mendekati nilai tidak sehat, dan mangrove alami di stasiun III termasuk sehat. Analisis parameter lingkungan diperoleh suhu berkisar 27-28,67 oC tidak memenuhi standar baku mutu, Derajat keasaman (pH) berkisar 6,67-7,87 tidak memenuhi standar baku mutu, salinitas 34,33-35%o memenuhi standar baku mutu, oksigen terlarut berkisar 1,85-3,45 mg/l tidak memenuhi standar baku mutu, dan BOD berkisar 1,25-3,08 mg/l memenuhi standar baku mutu. Kondisi mangrove di sekitar Pantai Cemara perlu diperhatikan karena cenderung tidak sehat dilihat dari rasio morfometrik daun dan parameter lingkungannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kesehatan mangrove, koefisien keragaman, kualitas air
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 09:10
Last Modified: 18 Jan 2023 09:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34553

Actions (login required)

View Item View Item