PERLINDUNGAN HUKUM BAGI LEMBAGA PEMBIAYAAN DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN MULTIGUNA TERHADAP REKAYASA JAMINAN OLEH DEBITUR (ANALISIS PUTUSAN NOMOR 5/Pdt.G.S/2021/PN Pya)

PANDU, MUSLIM (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI LEMBAGA PEMBIAYAAN DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN MULTIGUNA TERHADAP REKAYASA JAMINAN OLEH DEBITUR (ANALISIS PUTUSAN NOMOR 5/Pdt.G.S/2021/PN Pya). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Pandu Muslim .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kedudukan hukum dalam perjanjian pembiayaan multiguna dan perlindungan hukum bagi lembaga pembiayaan dalam perjanjian pembiayaan multiguna terhadap rekayasa jaminan yang dilakukan oleh debitur. Peneltian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode hukum pendekatan perundang-undangan, konseptual dan kasus. Berdasarkan hasil penelitian yaitu menyatakan bahwa Kedudukan hukum dalam perjanjian pembiayaan multiguna atau locus standi adalah suatu keadaan ketika suatu pemohon atau dianggap telah memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan perjanjian pembiayaan multiguna. Kedudukan para pihak bahwa dalam perjanjian multiguna mewajibkan adanya perjanjian fidusia yang menjadi perjanjian accesoir yang mengikuti perjanjian pokok dan Perlindungan Hukum yang dapat diberikan kepada PT. NSC selaku lembaga pembiayaan terhadap rekayasa jaminan yaitu dengan mengajukan gugatan ke Pengadilan untuk memberikan kepastian hukum terhadap jaminan yang diajukan unuk melunasi utang debitur, Serta mengajukan laporan pidana bila terbukti debitur melakukan rekayasa jamnian sesuai dengan ketentuan pidana Undang-Undang Nomor 49 Tahun 1999 Tentang Jaminan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Hukum, Pembiayaan, Perjanjian Multiguna
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 09:09
Last Modified: 18 Jan 2023 09:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34561

Actions (login required)

View Item View Item