PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF DALAM MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

MARTINA NUR, LARASAFITRI (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF DALAM MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Soft File Tesis Martina Nur Larasafitri (I2E019013).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika berbasis pendekatan konflik kognitif dalam model blended learning yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kebaruan dalam penelitian ini adalah menggabungkan pendekatan konflik kognitif dan model blended learning. Model blended learning dilakukan dengan menggabungkan sesi pembelajaran online dan offline. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan yang dilakukan mengacu pada langkah-langkah pengembangan Four D model yaitu define, design, develop, disseminate. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, Materi Pembelajaran, LKPD, dan Instrumen Evaluasi. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh 3 ahli pendidikan Unversitas Mataram. Subjek uji coba pada penelitian ini ialah peserta didik kelas XI SMA di Mataram. Pada uji coba terbatas, subjek diambil 1 kelas, sedangkan uji coba luas subjek terdiri dari 2 kelas. Berdasarkan analisis data validitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk kategori sangat valid dan reliabel. Hasil analisis data kepraktisan meliputi keterlaksanaan pembelajaran, data kemampuan berpikir kritis selama pembelajaran, respon guru dan peserta didik terhadap perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam kategori praktis. Hasil analisis data keefektifan menunjukkan bahwa peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis secara umum, sub-materi, maupun indikator dalam kategori sedang sampai tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika berbasis pendekatan konflik kognitif dalam model blended learning adalah valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Perangkat Pembelajaran Fisika, Pendekatan Konflik Kognitif, Model Blended Learning, Penguasaan konsep, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 09:09
Last Modified: 18 Jan 2023 09:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34564

Actions (login required)

View Item View Item