EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK ECOPRINT UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI MODEL MATARAM

AINUN, JARIAH (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK ECOPRINT UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI MODEL MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AINUN JARIH FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya motorik halus anak kelompok B di TK Negeri Model Mataram. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk kegiatan penerapan teknik Ecoprint untuk mengembangkan motorik halus anak kelompok B. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kegiatan membatik serta mengetahui cara atau langkah-langkah membatik dengan bahan alam untuk mengembangkan motorik halus anak kelompok B di TK Negeri Model Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini adalah empat orang. Data dikumpulkan melalui metode observasi analisis yang digunakan adalahanalisis deskriptif kualitatif. Penelitian menggunakan dua tahap uji coba dengan empat kali pertemuan. Hasil yang diperoleh pada tahap uji coba I (pertemuan I) memperoleh nilai presentase sebesar (40,08%). Terjai peningkatan di tahap uji coba I ( pertemuan II) sebesar (61, 03%), pada tahap uji coba II (pertemuan III) meningkat lagi mencapai (67,28%), pada tahap uji coba II (pertemuan IV) sebesar (83,09%). Dengan demikian dapat disimpulkan kegiatan membatik dengan bahan alam dapat meningkatkan motorik halus anak kelompo B di TK Negeri Model Mataram

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teknik Ecoprint, Motorik Halus, Anak Kelompok B
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 09:09
Last Modified: 18 Jan 2023 09:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34569

Actions (login required)

View Item View Item