PENGEMBANGAN METODE FINGER PAINTING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK PKK JANTUK TAHUN AJARAN 2022/2023

LALA PUJI ZIADINI, INSANI (2023) PENGEMBANGAN METODE FINGER PAINTING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK PKK JANTUK TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FILE SKRIPSI LALA PUJI ZIADINI INSANI_E1F01042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan metode finger painting yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK PKK Jantuk Tahun ajaran 2022/2023. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) menurut Saputro. B (2021: 8). Subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang anak pada kelas B1. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan dengan tiga kali pertemuan. Setiap tahap pengembangan terjadi peningkatan dengan cara memodifikasi alat dan bahan, langkah-langkah kegiatan, hingga aturan yang digunakan. Langkah-langkah metode finger painting yang sudah dimodifikasi yaitu: a. tahap persiapan (1) menyiapkan alat dan bahan, (2) pendidik melakukan setting kelas. b. tahap pelaksanaan, terdiri dari kegiatan pembuka dan kegiatan inti, (1) kegiatan pembuka, dimulai dari mengaitkan tema dengan pembelajaran, hingga menjelaskan alat, bahan, dan aturan pelaksanaan kegiatan. (2) kegiatan inti, dimulai dari ketika anak memilih posisi duduk yang diinginkan, mencampurkan bubur warna, mulai mencelupkan jari, hingga mulai melakukan finger painting diatas media, serta menuliskan nama dan kelas di atas media lukis. c. tahap penutup atau recalling (1) peserta didik mencuci tangan, (2) secara bersama-sama membereskan alat dan bahan yang telah digunakan, (3) melakukan diskusi dan tanya jawab mengenai lukisan apa yang dibuat, menanyakan kesulitan yang dihadapi, hingga menanyakan perasaan anak. Hasil persentase nilai yang diperoleh pada tahap pengembangan I adalah sebesar (47,74%), pada tahap pengembangan II memperoleh nilai sebesar (68,36%), dan pada tahap pengembangan III memperoleh nilai sebesar (83,94%). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan metode finger painting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK PKK Jantuk tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): finger painting, motorik halus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:50
Last Modified: 19 Jan 2023 06:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34584

Actions (login required)

View Item View Item