Millennie, Keke (2023) DAMPAK PENGGUNAAN GADGET DI ERA NEW NORMAL PADA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TK KARTINI. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI MILLENNIE KEKE.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget di era new normal pada perkembangan sosial emosional anak Kelompok B di TK Kartini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket Penelitian, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu data collection, data reduction, data display, dan conclusion. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis mengenai dampak penggunaan gadget di era new normal pada perkembangan sosial emosional anak kelompok B di TK Kartini, penggunaan gadget dengan durasi penggunaan yang bervariasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya dampak positif dan dampak negatif pada objek, dampak positif yang dialami yaitu adanya pengawasan dari orang tua pada saat bermain gadget dan memberi batasan dan durasi waktu pada saat bermain gadget serta berpartisipasi aktif pada saat berkegiatan. Kemudian dampak negatif yang dialami yaitu, kurangnya pengawasan dari orang tua dan tidak ada kesepakatan waktu serta durasi pada saat bermain gadget serta kurangnya partisipasi pada saat berkegiatan. Dari hasil penelitian dari ke-10 subyek penelitian, dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak dengan dampak negatif sebanyak 6 (enam) murid dan 4 (empat) murid yang terkena dampak positif dari penggunaan gadget. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget pada perkembangan sosial emosional anak kelompok B di TK Kartini adalah semakin sedikit durasi anak pada saat menggunakan gadget maka semakin baik pula perkembangan sosial emosional anak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Penggunaan Gadget, Sosial Emosional, Kelompok B |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 06:43 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 06:43 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34586 |
Actions (login required)
View Item |