PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA MINIATUR RUMAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK DI SDN 2 SAPE

Irma, Suryani (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA MINIATUR RUMAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK DI SDN 2 SAPE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
UNI (IRMA SURYANI)_SKRIPSI JILID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran IPA masih dilaksanakan secara konvensional dan berjalan satu arah tanpa melibatkan peserta didik secara langsung, serta kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembejaran kooperatif berbantuan media miniatur rumah terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi rangkaian listrik di SDN 2 Sape. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 48 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara testulis. Hasil penelitian diperoleh peningkatan rata-rata peserta didik yang semula 32.17 meningkat menjadi 73.08. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa nilai thitung adalah 4.525 sedangkan nilai ttabel adalah 1.679. Karena 4.525 > 1.679, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya Ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media miniatur rumah terhadap pemahaman konsep rangkaian listrik peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Media Miniatur Rumah, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2023 05:37
Last Modified: 19 Jan 2023 05:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34593

Actions (login required)

View Item View Item