Irma, Suryani (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA MINIATUR RUMAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK DI SDN 2 SAPE. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
UNI (IRMA SURYANI)_SKRIPSI JILID.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran IPA masih dilaksanakan secara konvensional dan berjalan satu arah tanpa melibatkan peserta didik secara langsung, serta kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembejaran kooperatif berbantuan media miniatur rumah terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi rangkaian listrik di SDN 2 Sape. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 48 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara testulis. Hasil penelitian diperoleh peningkatan rata-rata peserta didik yang semula 32.17 meningkat menjadi 73.08. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa nilai thitung adalah 4.525 sedangkan nilai ttabel adalah 1.679. Karena 4.525 > 1.679, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya Ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media miniatur rumah terhadap pemahaman konsep rangkaian listrik peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Media Miniatur Rumah, Pemahaman Konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 05:37 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 05:37 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34593 |
Actions (login required)
View Item |