ANALISIS PROFITABILITAS DAN PEMASARAN (Studi Kasus Produk Usaha Pembibitan Tanaman Sayuran UD. Jago Farm di Desa Jago Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah)

Amelia Ariyasti, Anwar (2023) ANALISIS PROFITABILITAS DAN PEMASARAN (Studi Kasus Produk Usaha Pembibitan Tanaman Sayuran UD. Jago Farm di Desa Jago Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AMEL (C1G118004).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL AMEL (C1G118004).pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah: 1) Mengetahui biaya produksi usaha pembibitan tanaman sayuran; 2) Mengetahui profitabilitas produk usaha pembibitan tanaman sayuran dan 3) Mengetahui saluran dan efisiensi pemasaran produk usaha pembibitan tanaman sayuran UD. Jago Farm di Desa jago Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan adalah studi kasus dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey, wawancara, dan observasi unit analisis dalam penelitian ini adalah UD. Jago farm di Desa Jago Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah . Pentuan daerah sampel menggunakan studi kasus pada UD. Jago Farm. Pentuan jumlah responden dalam penelitian ini adalah pemilik usaha UD. Jago Fram dan penentuan responden pedagang dilakukan secara Snowball Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis biaya, analisis profitabilitas, dan analisis saluran dan efisiensi Pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: bahwa (1) Rata-rata total biaya produksi yang dikeluarkan usaha pembibitan tanaman sayuran UD. Jago farm di Desa Jago Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah tahun 2022 adalah biaya variabel sebesar Rp 15.275.000,- dan biaya tetap sebesar Rp 386.960,- per periode produksi dengan total biaya produksi sebesar Rp 19.395.000,- per periode produksi. (2) Profitabilitas Usaha Pembibitan Tanaman sayuran adalah 61,16% lebih besar dari bunga bank BRI (3% per 6 bulan) dengan keuntungan yaitu sebesar Rp 12.098.040,- per periode produksi dan total penerimaan yaitu sebesar Rp 31.880.000,-. Hal ini membuktikan bahwa usaha pembibitan tanaman sayuran layak untuk diusahakan. (3) Pemasaran bibit tanaman sayuran UD. Jago Farm di Desa Jago Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah terdapat dua saluram SP I: produsen ‒ konsumen akhir, SP II: produsen ‒ pedagang pengecer ‒ konsumen akhir Berdasarkan hasil penelitian pada usaha bibit tanaman sayuran di UD. Jago Farm Desa Jago Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah, untuk bibit cabai rawit, cabai besar, cabai keriting, kubis, dan tomat terbilang efisien dengan margin pemasaran 40,00 sampai 75,00. Dengan share harga yaitu 72,73% sampai 84,62%. Dengan distribusi keuntungan yaitu 100.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): profitabilitas, Pemasaran, Pembibitan, Sayuran
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:42
Last Modified: 19 Jan 2023 06:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34595

Actions (login required)

View Item View Item