SIFAT FISIK DAN SIFAT KIMIA TANAH ASOSIASI HAPLUDANDS-EUTRUDEPTS PADA LAHAN BERBATU APUNG DI KECAMATAN MONTONG GADING LOMBOK TIMUR

Selviya, Rosita (2023) SIFAT FISIK DAN SIFAT KIMIA TANAH ASOSIASI HAPLUDANDS-EUTRUDEPTS PADA LAHAN BERBATU APUNG DI KECAMATAN MONTONG GADING LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Selviya Rosita_C1B018046.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Selviya Rosita_C1B018046.pdf

Download (675kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai dari sifat fisik dan kimia tanah asosiasi hapludands- eutrudepts pada lahan bekas tambang batu apung dan lahan tidak ditambang. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Montong Gading serta Laboratorium Fisika dan Laboratorium Kimia Tanah Fakultas Pertanian Universitas Mataram, pada bulan Juli 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survey di lapangan disertai dengan pengambilan sampel tanah didukung analisis tanah di laboratorium dan pengumpulan data sekunder yaitu peta penggunaan lahan dan peta administrasi. Parameter pengamatan fisik tanah yaitu tekstur dan porositas tanah. Parameter pengamatan kimia tanah yaitu pH (Metode Elektrometri), N-total (Metode Kjedahl), P-tersedia (Metode Bray I) dan K-Tertukar (Pengestrak pH 7). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanah pada lokasi penelitian memiliki tekstur tanah lempung berpasir dan pasir berlempung memiliki tingkat porositas yang relatif sama. Tanah penelitian memiliki pH agak masam kecuali pada pemukiman tidak ditambang memiliki pH netral. Kandungan nitrogen tanah penelitian memiliki kandungan nitrogen yang rendah pada lahan tidak ditambang dan sangat rendah pada lahan bekas tambang. Kandungan fosfor tanah penelitian memiliki kandungan fosfor yang sangat tinggi kecuali pada kebun bekas tambang memiliki fosfor yang tinggi. Kandungan kalium tanah penelitian memiliki kandungan kalium yang sedang kecuali pada pemukiman bekas tambang memiliki kalium yang tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Batu Apung, Deskriptif, Sifat Fisik, Sifat Kimia, Hapludands-Eutrudepts
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:42
Last Modified: 19 Jan 2023 06:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34598

Actions (login required)

View Item View Item