PEMETAAN GAYA MENGAJAR GURU DALAM PERKEMBANGAN BAHASA KEAKSARAAN ANAK TK DI KECAMATAN AMPENAN

INES KURNILA, SARI (2023) PEMETAAN GAYA MENGAJAR GURU DALAM PERKEMBANGAN BAHASA KEAKSARAAN ANAK TK DI KECAMATAN AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INES KURNILA SARI 2K23.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan gaya mengajar guru dalam perkembangan bahasa keaksaraan anak TK di Kecamatan Ampenan. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dengan metode survei. Subyek penelitian ini adalah 30 guru dan anak, sampel 8 lembaga. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian pemetaan gaya mengajar guru dalam perkembangan bahasa keaksaraan anak pada 8 lembaga. Hasil data penelitian menunjukan bahwa gaya mengajar klasik sebesar 71,66%, gaya mengajar teknologis sebesar 61,33%, gaya mengajar personalisasi sebesar 46,63%, dan gaya mengajar interaksional sebesar 67,77%. Sedangkan hasil data penelitian menunjukan bahwa perkembangan bahasa keaksaraan pada simbol huruf sebesar 54,16%, kelompok gambar sebesar 29,99 %, dan menulis nama sendiri sebesar 65,55%. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian bahwa pemetaan gaya mengajar guru dalam perkembangan bahasa keaksaraan anak TK di Kecamatan Ampenan lebih sering menggunakan gaya mengajar klasik dengan memperoleh hasil intensitas sering dan perkembangan keaksaraan anak dalam menulis nama sendiri dengan memperoleh hasil intensitas berkembang

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gaya mengajar, Bahasa keaksaraan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:42
Last Modified: 19 Jan 2023 06:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34601

Actions (login required)

View Item View Item