EFEKTIVITAS LARUTAN BUAH PARE (Momordica charantia) UNTUK MASKULINISASI IKAN CUPANG (Betta splendens) MELALUI METODE PERENDAMAN LARVA

Lara, Sugma (2023) EFEKTIVITAS LARUTAN BUAH PARE (Momordica charantia) UNTUK MASKULINISASI IKAN CUPANG (Betta splendens) MELALUI METODE PERENDAMAN LARVA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LARA SUGMA (C1K018076).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL LARA SUGMA (C1K018076).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ikan cupang (Betta splendens) menjadi salah satu komoditas perikanan yang banyak diminati karena memiliki fisik yang menarik selain itu, memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Meningkatnya permintaan pasar terhadap ikan cupang jantan sehingga diperlukan metode untuk mneghasilkan keturunan jantan secara masal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh larutan pare (Momordica charantia) terhadap nisbah kelamin jantan ikan Cupang (Betta splendens) melalui perendaman larva dengan konsentrasi berbeda. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL) yang meliputi 4 perlakuan 3 kali ulangan yaitu perlakuan kontrol, perlakuan P2 konsentrasi 1,5 ml/L, perlakuan P3 konsentrasi 3 ml/L dan perlakuan P4 konsentrasi 6 ml/L. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan metode Anova jika data menunjukkan pengaruh yang signifikan, selanjutnya dilakukan analisis lanjutan menggunakan uji lanjut Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan yang diterapkan memberikan pengaruh nyata terhadap persentase kelamin jantan ikan cupang, namun tidak berbeda nyata pada tingkat kelangsungan hidup ikan cupang. Nilai persentase kelamin jantan ikan cupang tertinggi terdapat pada perlakuan P4 (6 ml/L) yaitu 77%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ikan cupang; Persentase Kelamin Jantan; pare; larva
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:50
Last Modified: 19 Jan 2023 06:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34607

Actions (login required)

View Item View Item