PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS NEXT GENERATION SCIENCE STANDARD (NGSS) TERINTEGRASI GAME DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMA

LALU HASAN NASIRUDIN, ZOHRI (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS NEXT GENERATION SCIENCE STANDARD (NGSS) TERINTEGRASI GAME DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. THESIS_LALU HASAN NASIRUDIN ZOHRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Literasi sains dan keterampilan berargumentasi ilmiah siswa di Indonesia masih rendah yang diakibatkan oleh minimnya bahan ajar yang mampu mengakomodasi indikator-indikator literasi sains dan keterampilan berargumentasi ilmiah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berbasis next generation science standard terintegrasi game discovery (BANDI) yang layak, praktis, dan efektif untuk melatih literasi sains dan keterampilan berargumentasi ilmiah. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) melalui penggunaan model ADDIE. BANDI dikembangkan dalam bentuk aplikasi digital kemudian dilakukan uji kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. Data penelitian diperoleh melalui instrumen dalam bentuk kuesioner dan tes. Kuesioner terdiri atas: kuesioner kevalidan; kuesioner keterlaksanaan pembelajaran; dan kuesioner kepraktisan. Adapun tes terdiri atas: tes literasi sains; dan tes keterampilan berargumentasi ilmiah. Analisis kelayakan BANDI didasarkan pada data validitas, reliabilitas, dan keterbacaan. Adapun analisis kepraktisan didasarkan pada data pengamatan keterlaksanaan pembelajaran oleh observer serta respon guru dan siswa. Kemudian analisis keefektifan didasarkan pada data perolehan N-gain dan uji hipotesis melalui analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan BANDI memenuhi kriteria layak berdasarkan perolehan data: 1) validitas dengan nilai CVI 0,96; 2) reliabilitas dengan nilai PA 89,80%; dan 3) keterbacaan dengan nilai FKGL 10,96. Lebih lanjut, hasil penelitian mengkonfirmasi BANDI memenuhi kriteria praktis berdasarkan data: 1) tingkat keterlaksanaan pembelajaran 82,50%; dan 2) respon guru dan siswa dengan skor masing-masing 88,39% dan 81,86%. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan BANDI efektif dalam meningkatkan literasi sains dalam pembelajaran berdasarkan data: 1) perolehan N- gain sebesar 0,46; dan 2) uji hipotesis perbedaan dengan output uji-T sig.(p) <0,001. BANDI juga terlihat efektif dalam meningkatkan keterampilan berargumentasi ilmiah dalam pembelajaran berdasarkan data: 1) perolehan N-gain sebesar 0,49; dan 2) uji hipotesis perbedaan dengan output uji-T sig.(p) <0,001. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa BANDI telah memenuhi kriteria layak, praktis, dan efektif untuk digunakan melatih literai sains dan keterampilan berargumentasi ilmiah dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Literasi sains, argumentasi ilmiah, NGSS, BANDI, dan game discovery.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2023 09:10
Last Modified: 19 Jan 2023 09:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34612

Actions (login required)

View Item View Item