PENGARUH PERPADUAN MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN PEER TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 1 MATARAM

HAR, TINA (2023) PENGARUH PERPADUAN MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN PEER TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Hartina E1S018020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perpaduan model problem solving dengan peer teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 1 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Mataram, dan teknik pengambilan sampel menggunakan sample random sampling, kelas XI IPS-3 dan Kelas XI IPS-4 masing-masing berjumlah 25 orang siswa. Rancangan penelitian juga menggunakan nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes berbentuk soal uraian yang sudah memenuhi uji persyaratan penelitian dengan menggunakan bantuan SPSS versi 26’ for Windows. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dengan teknik analisis data yaitu uji T two independent sample. Hasil kajian menunjukkan terdapat pengaruh perpaduan model problem solving dengan peer teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah, dengan rata-rata kelas eksperimen (XI IPS-3) yaitu 83,28 dan kelas kontrol (XI IPS-4) yaitu 74,24. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh perpaduan model problem solving dengan peer teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pelajaran sosiologi di SMAN 1 Mataram

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Solving, Peer Teaching, Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2023 09:10
Last Modified: 19 Jan 2023 09:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34615

Actions (login required)

View Item View Item