PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

NURUL LAILY, AGUSTIANI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi nurul laily E1A018076.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar IPA dan kemampuan komunikasi ilmiah siswa pada materi sistem peredaran darah manusia. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk non-equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-2 dan VIII-3 SMP Negeri 2 Keruak yang berjumlah 56 orang serta seluruh siswa kelas VIII-A dan VIII-C SMP Negeri 3 Keruak yang berjumlah 48 orang siswa. Data penelitian diperoleh dengan metode tes menggunakan instrumen soal pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar dan istrumen soal uraian untuk mengetahui kemampuan komunikasi ilmiah. Uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test. Efektivitas model pembelajaran make a match dan model pembeajaran konvensional berbantuan media power point dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan komunikasi ilmiah siswa dianalisis menggunakan uji N-Gain. Data penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match berpengaruh nyata terhadap hasil belajar IPA dan kemampuan komunikasi ilmiah siswa pada materi sistem peredaran darah manusia. Uji N-Gain menunjukkan model pembelajaran make a match memiliki efektivitas yang sedang dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan komunikasi ilmiah siswa pada materi sistem peredaran darah manusia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Make a Match, kartu berpasangan, hasil belajar IPA, kemampuan komunikasi ilmiah
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Jan 2023 12:50
Last Modified: 22 Jan 2023 12:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34622

Actions (login required)

View Item View Item