PEMANFAATAN LIMBAH BETON SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT KASAR DAN AGREGAT HALUS PADA BETON SCC (SELF COMPACTING CONCRETE)

MUHAMMAD ARIF, RIFQIANSYAH (2023) PEMANFAATAN LIMBAH BETON SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT KASAR DAN AGREGAT HALUS PADA BETON SCC (SELF COMPACTING CONCRETE). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir_Muhammad Arif Rifqiansyah_F1A018066.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Beton merupakan suatu bahan konstruksi yang banyak digunakan pada pekerjaan struktur bangunan di Indonesia karena banyak keuntungan yang diberikan. Seiring dengan perkembangan zaman banyak dilakukan pembongkaran dan pembaruan infrastruktur sipil, hal ini menimbulkan banyaknya ditemukan limbah beton. Oleh karena itu untuk mengurangi limbah yang ada maka bisa digunakan beton yang sudah tersedia sebagai sumber agregat untuk beton baru. Dalam pengerjaan di lapangan sering terjadi kesulitan dalam pengecoran. Oleh karna itu teknologi beton terus mengalami perubahan sesuai dengan kebutuhan konstruksi yang ada. Salah satunya yaitu dengan teknologi beton Self Compacting Concrete (SCC). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui besar nilai kuat tekan, kuat tarik belah, dan modulus runtuh dari penggunaan variasi proporsi agregat daur ulang pada beton SCC. Penelitian ini menggunakan agregat daur ulang sebagai pengganti agregat alami dengan proporsi 0%, 20%, 40%, 60%, 80%, dan 100% pada pembuatan beton SCC. Benda uji penelitian untuk pengujian kuat tekan dan kuat tarik belah berbentuk silinder dengan ukuran tinggi 300 mm dan diameter 150 mm, sedangkan untuk pengujian modulus runtuh benda uji berbentuk balok dengan ukuran 550x150x150 mm pada umur beton 28 hari dengan kuat tekan rencana f’c = 20 MPa. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa nilai sifat mekanik menurun seiring dengan penambahan proporsi agregat daur ulang. Nilai kuat tekan, kuat tarik belah, dan modulus runtuh terendah didapatkan penurunan sebebsar 7,75%; 24,75%; dan 20,91%. Penurunan nilai sifat mekanik ini terjadi karena agregat daur ulang memiliki berat jenis yang lebih kecil dan nilai keausan yang lebih besar daripada agregat alami.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Self compacting concrete, agregat daur ulang, sifat mekanik
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Jan 2023 12:49
Last Modified: 22 Jan 2023 12:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34634

Actions (login required)

View Item View Item