PENERAPAN PRINSIP RESPONSIVENESS DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DI KELURAHAN SANDUBAYA KEC. SELONG KAB. LOMBOK TIMUR PADA MASA PANDEMI COVID-19

PANISPU PARADITYA, DARA (2023) PENERAPAN PRINSIP RESPONSIVENESS DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DI KELURAHAN SANDUBAYA KEC. SELONG KAB. LOMBOK TIMUR PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_PANISPU PARADITYA DARA_E1B017049_PPKn_FKIP_UNIVERSITAS MATARAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip responsiveness dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kelurahan Sandubaya pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan penerapan prinsip responsiveness dalam penyelenggaraan pemerintahan pada masa pandemi Covid- 19 dapat dikatakan baik sesuai dengan indikator responsiveness yang dikemukakan oleh Agus Dwiyanto. Hal ini terlihat dalam penyelenggaraan pemerintahan kelurahan pada masa pandemi Covid-19 dalam hal pelayanan publik, perangkat kelurahan Sandubaya bersifat terbuka dan tetap melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaannya baik dibidang pelayanan, pembangunan, maupun pemberdayaan masyarakat kelurahan, ditinjau dari aspek kejelasan prosedur dan persyaratan pelayanan kemudian keterbukaan pengelolaan informasi yang memuaskan masyarakat, efisiensi waktu pelayanan yang cukup baik, serta cakupan penyediaan pelayanan publik yang baik sesuai dengan data yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penyelenggaraan Pemerintahan, Good Governance, Responsiveness, Pandemi Covid-19.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Jan 2023 12:49
Last Modified: 22 Jan 2023 12:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34637

Actions (login required)

View Item View Item