IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MUSLIM FRIENDLY TOURISM DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN MUSLIM MANCANEGARA DI KOREA SELATAN 2015-2019

MARLINA PURNAMA, JAUHARI (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MUSLIM FRIENDLY TOURISM DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN MUSLIM MANCANEGARA DI KOREA SELATAN 2015-2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MARLINA PURNAMA JAUHARI, L1A018071.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa upaya Korea Selatan dalam meningkatakan kunjungan wisatawan muslim mancanegara ke Korea Selatan melalui dikeluarkanya kebijakan Muslim Friendly Tourism Korea Selatan tahun 2015-2019. Kebijakan ini dibentuk untuk memfasilitasi wisatawan muslim yang berkunjung ke Korea Selatan, dengan menyediakan kebutuhan dasar seperti makanan halal dan tempat ibadah. Melalui berbagai strategi yang dilakukan oleh Korea Selatan dalam mengembangkan pariwisata halalnya ini bertujuan untuk menarik wisatawan muslim dan menjadi negara yang ramah bagi kaum muslim. Meskipun negara ini bukanlah negara dengan mayoritas muslim, Korea Selatan melihat peningkatan wisatawan asing terutama peningkatan yang stabil dan cukup signifikan dari wisatawan muslim. Hal tersebut menjadi peluang pasar baru untuk memperluas pasar pariwisatanya. Dalam penerapan kebijakan MFT di Korea Selatan, untuk mengembangkan Halal Tourism-nya terdapat beberapa aktor yang berperan penting mulai dari peran pemerintah, non-government, business, private citizen dan media and communication sebagai alat dalam mempromosikan Halal Tourism Korea Selatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Korea Selatan, Muslim Friendly Tourism, Halal Tourism
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Jan 2023 12:49
Last Modified: 22 Jan 2023 12:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34641

Actions (login required)

View Item View Item