EVALUASI NILAI EMP BERDASARKAN MKJI 1997 DAN METODE TIME HEADWAY PADA JALAN PERKOTAAN (Studi Kasus di Jalan Sriwijaya dan Jalan Pejanggik Kota Mataram)

RIA, AFRIANA (2023) EVALUASI NILAI EMP BERDASARKAN MKJI 1997 DAN METODE TIME HEADWAY PADA JALAN PERKOTAAN (Studi Kasus di Jalan Sriwijaya dan Jalan Pejanggik Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR RIA AFRIANA (F1A018087) .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan jumlah kendaraan yang meningkat mengakibatkan terjadinya perlambatan bahkan kejenuhan di berbegai ruas jalan. Perlambatan di jalan raya menimbulkan iringan kendaraan yang dapat memungkinkan terjadinya kecelakaan atau kemacetan. Dalam mengklasifikasikan arus lalu lintas diperlukan sebuah faktor konversi setara dengan satuan mobil penumpang (smp). Faktor konversi ini dikenal dengan sebutan ekivalensi mobil penumpang (EMP). Nilai EMP untuk Indonesia telah diatur dalam MKJI 1997. Tetapi, MKJI 1997 tersebut belum tentu memenuhi karakteristik arus lalu lintas pada tahun sekarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya nilai EMP di lapangan dengan menggunakan metode time headway pada ruas jalan Sriwijaya dan ruas jalan Pejanggik yang ada di kota Mataram dan untuk mengetahui perbandingan kinerja ruas jalan berdasarkan nilai EMP MKJI 1997 dan EMP metode time headway. Hasil analisis didapatkan nilai EMP MC (Motorcycle) menggunakan metode time headway untuk ruas jalan Sriwijaya dengan tipe jalan 4/2 D sebesar 0,33 dan untuk ruas jalan Pejanggik dengan tipe jalan 3/1 sebesar 0,34. Terdapat perbedaan nilai EMP MC MKJI 1997 dengan nilai EMP MC yang didapatkan di lapangan menggunakan metode time headway, dimana nilai EMP MC dalam MKJI 1997 untuk ruas jalan Sriwijaya dan ruas jalan Pejanggik sebesar 0,25. Hasil analisis kinerja ruas jalan berdasarkan nilai EMP MKJI 1997 didapatkan Derajat Kejenuhan untuk ruas jalan Sriwijaya dan ruas jalan Pejanggik sebesar 0,28, Sedangkan hasil analisis kinerja ruas jalan berdasarkan nilai EMP metode time headway didapatkan Derajat Kejenuhan untuk ruas jalan Sriwijaya sebesar 0,33 dan untuk ruas jalan Pejanggik sebesar 0,32.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): EMP, Time Headway, Kinerja Ruas Jalan perkotaan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Jan 2023 12:48
Last Modified: 22 Jan 2023 12:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34646

Actions (login required)

View Item View Item