PENERAPAN PRINSIP AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PADA PENGELOLAAN DANA DESA DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DI DESA KETANGGA JERAENG.

MOH RIDHO IMAM, ALFARIZI (2023) PENERAPAN PRINSIP AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PADA PENGELOLAAN DANA DESA DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DI DESA KETANGGA JERAENG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_MOH RIDHO IMAM ALFARIZI_E1B117044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan prinsip akuntabilitas dan transparansi pada pengelolaan dana desa serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan prinsip akuntabilitas dan transparansi pada pengelolaan dana desa dalam mewujudkan Good Goveranance di desa Ketangga Jeraeng Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip transparansi dan akuntibilitas pada pengelolaan dana desa dalam mewujudkan good governance di desa Ketangga Jeraeng Keruak kabupaten Lombok Timur sudah diterapkan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan pemerintahan desa dilakukan dengan memasang informasi terkait kegiatan yang akan diselenggarakan pemerintah desa di papan informasi yang ada dikantor desa selain itu diumumkan melalui pengeras suara dimasjid. Sedangkan penerapan prinsip akuntabilitas sudah diterapkan namun kurang maksimal. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan pemerintahan desa, laporan pertanggungjawaban hanya di pasang di papan informasi saja, tidak dibagikan kepada masyarakat. Faktor pendukung penerapan prinsip akuntabilitas dan transparansi adalah. Masyarakat terlibat aktif dalam memberikan masukan terhadap kegiatan yang dilakukan oleh pemerintahan desa melalui BPD, terinputnya seluruh laporan pertanggungjawaban kedalam sistem keuangan desa, tim pelaksana program paham akan surat pertanggungjawaban (SPJ), anggaran yang telah terpakai bisa dilihat SPJ nya di kantor desa, adanya sumber daya manusia (SDM), fasilitas yang lengkap, adanya anggaran dalam melaksanakan kegiatan. Faktor penghambat dalam penerapan prinsip akuntabilitas dan transparansi pada pengelolaan dana desa adalah rendahnya rasa kaingintahuan masyarakat terkait dengan pengelolaan dana desa, kebijakan pemerintah pusat sering berubah-ubah, kurang memahami teknologi informasi, kurangnya partisipasi masyarakat pada evaluasi selesai kegiatan, perangkat desa kurang disiplin, kurangnya partisipasi masyarakat dalam memberikan saran, kebijakan pemerintah pusat sering berubah-ubah

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prinsip Transparansi, Prinsip Akuntabilitas, Pada pengelolaan dana desa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Jan 2023 12:48
Last Modified: 22 Jan 2023 12:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34648

Actions (login required)

View Item View Item