PENGARUH KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR BIOTANI PLUS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BASIL (Ocimum basilicum L.) PADA BERBAGAI DOSIS PUPUK KANDANG AYAM

Muhammad Widaan Yudha, Perdana (2023) PENGARUH KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR BIOTANI PLUS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BASIL (Ocimum basilicum L.) PADA BERBAGAI DOSIS PUPUK KANDANG AYAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Muhammad Widaan Yudha Perdana_C1M016124 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
C1M016124 Muhammad Widaan Yudha Perdana jurnal.docx.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi pupuk organik cair Biotani plus dan dosis pupuk kandang ayam serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman basil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial 2 faktor. Faktor pertama yaitu konsentrasi POC Biotani Plus dengan 5 konsentrasi, yaitu 0%, 0,1%, 0,2%, 0,3% dan 0,4%. Faktor kedua dosis pupuk kandang ayam dengan 3 dosis yaitu 10 ton/ha, 20t on/ha, dan 40 ton/ha. Data hasil dianalisis menggunakan analysis of variance (Anova) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa, tidak ada intraksi antara konsentrasi POC Biotani plus tidak berinteraksi dengan dosis pupuk kandang ayam dalam mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman basil. Konsentrasi POC Biotani plus tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman basil sedangkan dosis pupuk kandang ayam berpengaruh terhadap laju pertambahan tinggi tanaman, laju pertambahan jumlah daun, laju pertambahan jumlah cabang, berat basah tajuk, berat basah tanaman dan berat hasil panen. Dosis pupuk kandang ayam 10 ton/ha menghasilkan laju pertambahan tinggi tanaman, laju pertambahan jumlah daun, laju pertambahan jumlah cabang, berat basah tajuk, berat basah tanaman dan berat hasil panen yang lebih tinggi dibandingkan dengan dosis 20 ton/ha dan 40 ton/ha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pertumbuhan dan hasil;Basil; POC Biotani Plus, Dosis pupuk kandang ayam
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Jan 2023 12:47
Last Modified: 22 Jan 2023 12:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34658

Actions (login required)

View Item View Item