Hasil Turnitin Identifikasi Diversitas Sumber Pakan Lebah Berbasis Lahan Pekarangan Pada Meliponikultur di Nusa Tenggara Barat

Wahyuningsih, Endah and SYAPUTRA, MAISER and Suparyana, Pande Komang and Maya, I Putu Angga Teja and Lestari, Andi Tri (2022) Hasil Turnitin Identifikasi Diversitas Sumber Pakan Lebah Berbasis Lahan Pekarangan Pada Meliponikultur di Nusa Tenggara Barat. Pusat Standardisasi Instrumen Pengelolaah Hutan Berkelanjutan. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Identifikasi Diversitas Sumber Pakan Lebah Berbasis Lahan Pekarangan Pada Meliponikultur di Nusa Tenggara Barat.pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/ind...

Abstract

Budidaya kelulut (meliponiculture) berpotensi dikembangkan di Nusa Tenggara Barat (NTB) karena ketersediaan sumber daya yang cukup melimpah di alam. Budi daya kelulut di Nusa Tenggara Barat umumnya masih berskala rumah tangga berbasis pekarangan (home garden). Namun kurangnya pengetahuan masyarakat tentang ragam tumbuhan yang menghasilkan nektar, polen, dan/atau resin sepanjang tahun menjadi kendala dalam pengembangan budidayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis tanaman sumber pakan kelulut, mengidentifikasi kendala dan peluang pengembangan budidayanya. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 30 jenis tanaman sumber pakan potensial kelulut yang terdiri dari jenis tanaman tahunan dan tanaman herba. Seluruh tanaman tersebut menghasilkan pollen, 27 jenis diantaranya menghasilkan pollen dan nektar, dan hanya 6 jenis yang dapat menghasilkan pollen, nektar dan resin sekaligus. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa ada 5 kendala dan 5 peluang dalam budi daya kelulut di lokasi penelitian. Kendala utama pengembangan budi daya kelulut, yaitu kurangnya pemahaman tentang prospek ekonomi dan ekologi budi daya kelulut, sedangkan peluang budidaya sangat besar karena ketersediaan sumber pakan yang melimpah. Oleh karena itu, perlu dilakukan penyuluhan dan pelatihan tentang prospek ekonomi dan ekologi budi daya kelulut, sumber pakan potensial, pemeliharaan koloni dan pengolahan pasca panen.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): budi daya, pekarangan, sumber pakan, kelulut
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Dr Endah Wahyuningsih
Date Deposited: 22 Jan 2023 12:46
Last Modified: 22 Jan 2023 12:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34676

Actions (login required)

View Item View Item