Hasil Turnitin Analisis Potensi dan Pemanfaatan Sumberdaya Ikan (SDI) Yang Didaratkan di Pelabuhan Perikanan Teluk Awang

Amir, Sadikin and Hilyana, Siti and Waspodo, Saptono and Gigentika, Soraya and Jefri, Edwin (2021) Hasil Turnitin Analisis Potensi dan Pemanfaatan Sumberdaya Ikan (SDI) Yang Didaratkan di Pelabuhan Perikanan Teluk Awang. LPPM Universitas Mataram. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
10 Analisis Potensi dan Pemanfaatan Sumberdaya Ikan (SDI) Yang Didaratkan di Pelabuhan Perikanan Teluk Awang.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelabuhan Perikanan (PP) Teluk Awang berada di Desa Mertak, Kabupaten Lombok Tengah berpotensi untuk berkembang sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dengan basis usaha perikanan. Memiliki letak geografis yang baik karena terlindung dari gelombang yang datang dari Samudera Hindia. Saat ini Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah bersama-sama mengembangkan Teluk Awang menjadi sentra usaha perikanan dengan membangun pelabuhanperikanan yang dapat menampung kapal-kapal perikanan beroperasi di WPPNRI 573 dan 713. Penelitian ini akan melihat sumberdaya ikan (SDI) di PP Teluk Awang menggunakan metode Participatory Actiont Riset(PAR) yang melibatkan secara aktif semua pihak-pihak yang relevan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa SDI yang di daratkan di PP Teluk Awang selama tahun 2018-2020 sebanyak 3.559.483 kg masih didominasi oleh ikan pelagis dan demersal, seperti ikan Cakalang(62,67%), Layang(10,77%), Tongkol(8,29%), Lemadang(6,34%), Tuna(5,42%), Baby Tuna(3,88%), Marlin (1,48%)dan Ikan lainya(1,15%).Sedangkan jumlah armada kapal yang terdata sebanyak 27 unit dengan ukuran 8-25 Gross Tonnage(GT). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi terkait kebijakan dalam pengelolaan potensi SDI yang didaratkan di PP Teluk Awang dengan konsep perikanan berkelanjutan.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): sumberdaya; ikan; pelabuhan; perikanan
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Dr Sitti Hilyana
Date Deposited: 23 Jan 2023 23:10
Last Modified: 23 Jan 2023 23:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34694

Actions (login required)

View Item View Item