PENGARUH MEDIA FUN THINKERS BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MUATAN IPS KELAS IV SDN INPRES RAI OI

EFA PUTRI, MANTIKA (2023) PENGARUH MEDIA FUN THINKERS BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MUATAN IPS KELAS IV SDN INPRES RAI OI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi efa putri mantika ( efa putri mantika).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik kurang memahami materi pembelajaran mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Fun Thinkers Book terhadap hasil belajar peserta didik muatan IPS kelas IV SDN Inpres Rai Oi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan bentuk desain Nonequivalent Control Grup Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 peserta didik, dengan pengambilan sampel menggunakan nonprobablility sampling, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kemampuan awal (prestest) nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 56,1 berada pada kualifikasi “kurang” sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 48,4 berada pada kualifikasi kurang. Pada data kemampuan akhir (postes) nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 74,8 berada pada kualifikasi sangat baik, sedangkan nilai rata-rata (postest) kelas kontrol adalah 69,5 berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil pengujian dengan menggunakan uji-t diketahui nilai 1,677 pada taraf signifikan 5%. Maka diterima dan ditolak, bisa juga dilihat pada nilai sig.(2-tailed) 0,020 0,05 maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media Fun Thinkers Book terhadap hasil belajar peserta didik muatan IPS kelas IV SDN Inpres Rai OI. Selanjutnya, diperoleh hasil uji effect size sebesar 0,46. Hasil ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media Fun Thinkers Book terhadap hasil belajar peserta didik muatan IPS dalam penelitian ini dikategorikan sedang. Penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Fun Thinkers Book terhadap hasil belajar peserta didik muatan IPS Kelas IV SDN Inpres Rai Oi

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Fun Thinkers Book, Hasil Belajar Peserta didik, Muatan IPS, SDN Inpres Rai Oi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2023 23:05
Last Modified: 24 Jan 2023 23:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34710

Actions (login required)

View Item View Item