PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) YANG DITANAM DI LUAR MUSIM DENGAN PERLAKUAN PUPUK DAUN

M.Taufik, Hidayat (2023) PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) YANG DITANAM DI LUAR MUSIM DENGAN PERLAKUAN PUPUK DAUN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1M018089-SKRIPSI M.TAUFIK HIDAYAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
C1M018089-Jurnal Ilmiah.pdf

Download (575kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil dua varietas cabai rawit (Capsicum frutescens L.) yang ditanam di luar musim dengan perlakuan pupuk daun. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Faktorial dengan tiga ulangan dan terdiri dari dua faktor perlakuan, yaitu varietas tanaman cabai (V) dan pupuk daun (P). Terdapat dua varietas tanaman cabai rawit yang diuji, yaitu Sret dan Dewata 43. Sementara itu, pupuk daun terdiri atas tiga aras, yaitu tanpa pupuk daun, POMI dan Bayfolan. Data hasil percobaan dianalisis menggunakan analysis of variance (Anova) pada taraf nyata 5%. Selanjutnya dilakukan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) jika terjadi interaksi antara faktor dan jika masing-masing faktor tidak berinteraksi, maka diuji lanjut dengan uji beda nyata jujur (BNJ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya terdapat interaksi antara perlakuan varietas dan perlakuan pupuk daun pada parameter berat buah per petak. Berat buah per petak tertinggi dihasilkan oleh varietas Dewata 43 dengan perlakuan pupuk daun POMI. Sementara itu, pertumbuhan tanaman cabai hanya dipengaruhi oleh varietas, pengaruh varietas Sret lebih baik dibandingkan varietas Dewata 43.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): cabai-rawit, lahan kering, musim-hujan, pupuk-daun, varietas
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2023 23:06
Last Modified: 24 Jan 2023 23:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34714

Actions (login required)

View Item View Item