POLA KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM TRADISI NGEJOT DI DESA LENEK (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Masyarakat Desa Lenek Kecamatan Lenek Kabupaten Lombok Timur)

Witri, Patmasari (2023) POLA KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM TRADISI NGEJOT DI DESA LENEK (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Masyarakat Desa Lenek Kecamatan Lenek Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Witri rampung.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI WITRI.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Ngejot merupakan suatu tradisi yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Lenek yakni dengan saling memberi makanan menjelang hari raya Idul Fitri. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini dilakukan karena tradisi ngejot yang tetap eksis di tengah gempuran modernisasi dan globalisasi, namun masyarakat Lenek tetap menjaga dan melestarikan tradisi ngejot dengan cara melaksanakan tradisi ngejot secara rutin setiap satu tahun sekali, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi yang berlangsung dan seperti apa pola komunikasi yang terbentuk saat masyarakat Desa Lenek melaksanakan prosesi tradisi ngejot. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui situasi sosial yang terjadi pada masyarakat Desa Lenek dalam pelaksanaan tradisi ngejot. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi yang terjadi ialah komunikasi kelompok kecil yang dilakukan secara langsung dan melibatkan tiga hingga lebih individu sehingga berlangsung juga komunikasi interpersonal karena setiap individu dalam kelompok tersebut dapat saling menerima dan mengirim pesan. Adapun pola komunikasi kelompok yang terjadi dalam prosesi tradisi ngejot oleh masyarakat Desa Lenek kepada sasaran ngejot seperti orang tua, tetangga, keluarga lanjut usia, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat ialah pola komunikasi semua saluran atau pola komunikasi bintang, dimana setiap individu yang terlibat dapat saling berkomunikasi satu sama lain dan memiliki kesempatan yang sama untuk menerima dan menyampaikan pesan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola Komunikasi, Kelompok, Tradisi Ngejot
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2023 23:06
Last Modified: 24 Jan 2023 23:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34717

Actions (login required)

View Item View Item