DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS IV SDN 34 MATARAM

MUHAMMAD IHSAN, KADAFI (2023) DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS IV SDN 34 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IHSAN 444 April 202222222222222.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini telah mengalami perubahan yang sangat signifikan. Hal ini dikarenakan adanya penyebaran sebuah virus yang diberi nama virus korona yang dapat menyebabkan suatu penyakit yang dinamakan Covid-19. Untuk mencegah penularan penyakit ini secara lebih luas pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan salah satunya kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020. Berdasarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 yang mengatur jalannya proses belajar mengajar dari rumah dilaksanakan dengan ketentuan-ketentuan salah satunya belajar dari rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi Covid-19 terhadap proses pembelajaran di kelas IV SDN 34 Mataram. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang secara spesifik menggunakan penelitian jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model interaktif dari Miles Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di SDN 34 Mataram dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi watsApp. (2) dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran. Guru mengalami kesulitan ketika menilai keterampilan dan kemampuan siswa, dikarenakan proses pembelajaran dilakukan secara online/daring. (3) kendala-kendala dalam proses pembelajaran. Guru dan siswa seringkali terkendala pada alat komunikasi seperti, kuota internet yang sangat terbatas, tidak semua siswa memiliki smartphone dan pemahaman siswa terhadap aplikasi yang digunakan saat proses pembelajaran daring belum belum sepenuhnya dimengerti oleh siswa

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Dampak pandemi Covid-19, Proses pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2023 23:06
Last Modified: 24 Jan 2023 23:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34722

Actions (login required)

View Item View Item