PENGARUH PERILAKU PENGENDARA SEPEDA MOTOR TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS DI PULAU LOMBOK TINJAUAN BEBERAPA ASPEK

Aulia Rahmawati, Puspiana (2023) PENGARUH PERILAKU PENGENDARA SEPEDA MOTOR TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS DI PULAU LOMBOK TINJAUAN BEBERAPA ASPEK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR AULIA RAHMAWATI PUSPIANA (F1A018014).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan data POLDA Nusa Tenggara Barat (13 Mei 2022) jumlah sepeda motor mencapai 1.395.246 unit di Pulau Lombok. Meningkatnya jumlah pengguna sepeda motor menjadikan pengguna sepeda motor sebagai penyumbang kecelakaan terbesar. Jumlah kecelakaan lalu lintas tahun 2022 di pulau Lombok mencapai 582 kasus dimana 60% melibatkan sepeda motor. Salah satu faktor yang dominan adalah faktor pengemudi atau kesalahan manusia (human eror). Hal ini dapat diakibatkan oleh beberapa aspek antara lain jenis kelamin, usia, pendidikan dan kepemilikan SIM. Sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai perbedaan beberapa aspek dalam mempengaruhi perilaku pengendara sepeda motor terhadap kecelakaan lalu lintas. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu: perilaku (B), pelanggaran lalu lintas (V) dan kecelakaan lalu lintas (A). SEM adalah teknik statistik multivariat yang digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel yang lebih kompleks. Proses SEM tidak bisa dilakukan secara manual, karena kompleksitas model dan alat statistik yang digunakan, sehingga perlunya software khusus salah satunya dengan menggunakan aplikasi WarpPLS 7.0. Software ini digunakan untuk mengetahui besar pengaruh perilaku (B) terhadap kecelakaan lalu lintas (A) dengan pelanggaran lalu lintas (V) sebagai variabel mediasi. Aspek yang paling berpengaruh terhadap perilaku saat berkendara adalah aspek pendidikan sarjana, dimana rata-rata pengaruhnya sebesar 28,08%. Selanjutnya aspek usia 25 tahun keatas dengan rata- rata 24,71%, kemudian aspek jenis kelamin laki-laki, dengan rata-rata 23,02% dan yang terakhir aspek kepemilikan SIM C dengan pengaruh rata-rata sebesar 20,27%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jenis kelamin, usia, Pendidikan, kepemillikan SIM, perilaku berkendara, pelanggaran lalu lintas, kecelakaan lalu lintas, WARPPLS
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jan 2023 23:10
Last Modified: 25 Jan 2023 23:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34745

Actions (login required)

View Item View Item