PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP FENOMENA KEKERASAN SEKSUAL PADA PEREMPUAN DAN ANAK DI KECAMATAN RABA, KOTA BIMA, NUSA TENGGARA BARAT

NURDIAN, SARI (2023) PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP FENOMENA KEKERASAN SEKSUAL PADA PEREMPUAN DAN ANAK DI KECAMATAN RABA, KOTA BIMA, NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURDIANSARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kekerasan seksual merupakan kasus yang terus meningkat setiap tahunnya dan menjadikan perempuan dan anak sebagai korban, yang seharusnya perempuan dan anak-anak diberlakukan dengan layak. Namun perempuan masih menanggung beban diskriminasi, pelecehan, eksploitasi. Penelitian ini dilakukan karena banyaknya kasus kekerasan seksual dan masih adanya masyarakat yang tidak paham bagaimana fenomena kekerasan seksual. Penelitian ini bertujuan 1. Untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap fenomena kekerasan seksual dan 2. sikap maupun tindakan masyarakat terhadap korban kekerasan seksual. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini yaitu menggunakan teori Kontruksi Sosial dari Peter L.Berger dan teori Habitus dari Pierre Bourdieu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat, tokoh agama, tokoh budaya, tokoh masyarakat dan institusi terkait kekerasan seksual. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi non partisipasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa sebagian besar masyarakat masih ada yang kurang paham bagaiamana kekerasan seksual namun dalam menyampaikan fenomena kekerasan seksual masyarakat menjelaskan secara umum, sikap dan tindakan masyarakat terhadap korban kekerasan seksual masih ada yang tidak bersimpatik atau menjauhi diri dari korban kekerasan seksual. Selain itu dari masyarakat yang memiliki ikatan atau kerabat dari pelaku maupun korban kekerasan seksual memiliki pandangan yang sangat berbeda karena menyaksikan dan mendapatkan dampak dari pristiwa tersebut dimana dalam penyampaian tersebut kekerasan seksual tidak hanya berdampak pada korban maupun pelaku namun keluarga sangat merasakan dampaknya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Anak, Kekerasan Seksual, Pandangan Masyarakat, Perempuan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jan 2023 23:11
Last Modified: 25 Jan 2023 23:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34747

Actions (login required)

View Item View Item