STRATEGI REZIM INTERNASIONAL UNITED NATIONS ENVIRONMENT PROGRAMME UNTUK MENGATASI MARINE PLASTIC POLLUTION DI ASIA TENGGARA

MUH YUSUF, RIADI (2023) STRATEGI REZIM INTERNASIONAL UNITED NATIONS ENVIRONMENT PROGRAMME UNTUK MENGATASI MARINE PLASTIC POLLUTION DI ASIA TENGGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi (yusuf riadi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang diikuti dengan perubahan pola konsumsi dan produksi menyebabkan pesatnya peningkatan limbah plastik di dunia. Lima dari sepuluh negara di Asia Tenggara merupakan penyumbang terbesar sampah plastik ke laut secara global, sehingga United Nations Environment Programme sebagai otoritas lingkungan global berperan dalam menetapkan agenda lingkungan global dan mendorong pemerintah untuk menerapkan pembangunan yang berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) United Nations Environment Programme sebagai rezim internasional, 2) strategi United Nations Environment Programme untuk mengatasi Marine Plastic Pollution di Asia Tenggara, dan 3) implementasi kerangka kerja United Nations Environment Programme dalam mengatasi pencemaran laut di Asia Tenggara. Penyusunan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan studi pustaka dalam mengumpulkan data. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, United Nations Environment Programme mengatasi pencemaran lingkungan laut di Asia Tenggara dengan membentuk Regional Action Plan on Marine Litter (RAP MALI) yang merupakan kerangka aksi regional dalam mencegah dan mengatasi pencemaran lingkungan laut melalui dua instrumen pokok yaitu : 1) Mencegah dan mengurangi pencemaran laut dari sumber berbasis darat; 2) Mencegah dan mengurangi pencemaran laut dari sumber berbasis laut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): UNEP, Pencemaran, Plastik, Laut, Asia Tenggara
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jan 2023 23:11
Last Modified: 25 Jan 2023 23:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34751

Actions (login required)

View Item View Item