PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK GELOMBANG BUNYI BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA

HUSNUL, FUADI (2023) PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK GELOMBANG BUNYI BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis Husnul Fuadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bahan ajar digital menjadi salah satu alternatif solusi dalam proses pembelajaran di era digitalisasi 4.0. Salah satu bahan ajar yang bisa dikembangkan dalam bentuk digital adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Selain bahan ajar digital, pemilihan dan penggunaan model pembelajaran juga penting dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD elektronik gelombang bunyi berbasis PBL yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba yakni peserta didik kelas XI MIPA PC (Prima Cendekia) SMA Negeri 3 Mataram. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi untuk mengetahui validitas dan reliabilitas, lembar observasi oleh guru dan peserta didik untuk mengetahui kepraktisan dan instrument tes keterampilan berpikir kritis berupa pre-test dan post- test untuk mengukur efektivitas. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD elektronik yang telah dikembangkan berada pada kategori sangat valid dan reliabel sehingga layak digunakan. Kepraktisan dari respon pendidik dan respon peserta didik pada kategori sangat praktis yang ditunjukkan oleh data empiris keterampilan berpikir kritis peserta didik tinggi pada saat menggunakan LKPD elektronik. Keefektifan produk berdasarkan nilai N-Gain keterampilan berpikir kritis pada kategori tinggi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD elektronik gelombang bunyi berbasis PBL layak, praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): berbasis PBL, gelombang bunyi, LKPD elektronik, keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jan 2023 23:12
Last Modified: 25 Jan 2023 23:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34760

Actions (login required)

View Item View Item