STUDI POTENSI CANGKANG KERANG MUTIARA (Pinctada maxima) SEBAGAI SUMBER BIOPOLIMER NANOPARTIKEL KITOSAN DENGAN METODE GELASI IONIK

GEBY, ALAWIYAH (2023) STUDI POTENSI CANGKANG KERANG MUTIARA (Pinctada maxima) SEBAGAI SUMBER BIOPOLIMER NANOPARTIKEL KITOSAN DENGAN METODE GELASI IONIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_GEBY ALAWIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Biopolimer nanopartikel kitosan merupakan topik penelitian yang banyak dikembangkang saat ini. Kitin sebagai sumber kitosan salah satunya dapat dihasilkan dari nacre cangkang kerang mutiara. Kandungan kitin yang terdapat dalam cangkang kerang mutiara yaitu 69,65%. Melihat potensi nacre cangkang kerang mutiara yang dapat dijadikan kitosan, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik kitosan dan nanopartikel kitosan dari cangkang kerang mutiara. Dalam penelitian ini dilakukan proses isolasi kitosan, karakterisasi kitosan, sintesis nanopartikel kitosan dan karakterisasi nanopartikel kitosan. Adapun karakterisasi yang dilakukan, yaitu analisis derajat deasetilasi, analisis struktur kristal, analisis proksimat dan analisis ukuran partikel. Dalam proses isolasi kitosan dilakukan variasi konsentrasi NaOH yaitu 60%, 70% dan 80% dengan massa serbuk yang sama. Karakteristik kitosan yang telah diisolasi dipengengaruhi oleh konsentrasi NaOH Didapatkan nilai derajat deasetilasi kitosan terbaik pada konsentrasi 80% yaitu 88,63%. Berdasarkan analisis proksimat didapatkan kitosan dengan analisis proksimat terbaik yaitu sampel NaOH 80% dengan kadar air 8,051%, kadar abu 60,267%, kadar lemak 0,291%, kadar protein 2,773% dan kadar karbohidrat 28,616%. Saat berukuran mikro kitosan berstruktur kristal ortorombik P212121. Sedangkan saat berukuran nano kitosan memiliki derajat deasetilasi sebesar 82,02%, berstruktur amorf dengan ukuran yang terdistribusi dari 35,03 nm- 3621,48 nm. Sehingga berdasarkan hasil penelitian cangkang kerang mutiara memiliki potensi sebagai sumber biopolimer nanopartikel kitosan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): isolasi kitosan, derajat deasetilasi, gelasi ionik, nanopartikel kitosan
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jan 2023 23:12
Last Modified: 25 Jan 2023 23:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34761

Actions (login required)

View Item View Item