PENGARUH INTERVAL WAKTU PERENDAMAN SPAT MUTIARA DALAM BAK PAKAN ALAMI Chaetoceros simplex TERHADAP PERTUMBUHAN DAN TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP BENIH KERANG MUTIARA (Pinctada maxima)

Ninda, Septiani (2023) PENGARUH INTERVAL WAKTU PERENDAMAN SPAT MUTIARA DALAM BAK PAKAN ALAMI Chaetoceros simplex TERHADAP PERTUMBUHAN DAN TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP BENIH KERANG MUTIARA (Pinctada maxima). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-Ninda Septiani_24 Jan 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_NINDA SEPTIANI.pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

Kerang mutiara merupakan komoditas perikanan yang memiliki nilai ekonomi tinggi karena seluruh bagian tubuhnya bernilai jual. Namun, banyak permasalahan pada pembenihan kerang mutiara yaitu rendahnya tingkat kelangsungan hidup dan pertumbuhan tidak seragam. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh interval waktu perendaman benih kerang mutiara dalam konsentrat pakan Chaetoceros simplex dan mengetahui interval waktu perendaman yang terbaik menghasilkan pertumbuhan dan tingkat kelangsungan hidup spat Pinctada maxima tertinggi. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen rancangan acak lengkap (RAL), dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan yaitu perlakuan A : kontrol/tanpa perendaman, perlakuan B (interval waktu 24 jam) : perendaman 1 hari sekali, perlakuan C (interval waktu 48 jam) : perendaman 2 hari sekali, perlakuan D (interval waktu 72 Jam) : perendaman setiap 3 hari sekali dan perlakuan E (interval waktu 96 Jam) : perendaman setiap 4 hari sekali. Hasil penelitian menunjukkan perendaman benih kerang mutiara dalam bak pakan alami memberikan pengaruh yang signifikan pada pertumbuhan cangkang (dorso- ventral) kerang mutiara Pinctada maxima (p<0,05). Pertumbuhan tertinggi dicapai pada perlakuan B (interval waktu 24 jam) dengan pertumbuhan mutlak 1,68 mm, pertumbuhan relatif 122,06% dari ukuran awal dan laju pertumbuhan spesifik harian 0,59% per hari

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Chaetoceros simplex, Interval Waktu, Perendaman, Pinctada maxima
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jan 2023 23:13
Last Modified: 25 Jan 2023 23:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34766

Actions (login required)

View Item View Item