IRMA, PRATIWI (2023) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKN MELALUI GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 4 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI IRMA PRATIWI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang pelaksanaan pembelajaran PPKn melalui Google Classroom pada masa pandemic covid-19 di SMAN 4 Mataram. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. pelaksanaan pembelajaran PPKn melalui Google Classroom pada masa pandemic covid-19 di SMAN 4 Mataram melalui 3 tahapan yaitu, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan pembelajaran PPKn melalui Google Classroom pada masa pandemic covid-19 guru mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran seperti mempersiapkan RPP, materi pembelajaran, media pembelajaran, metode/strategi dalam pembelajaran, alat evalusi. Pada tahap pelaksanaan pembelajaraan melalui Google Classroom kegiatan pembelajaran terdiri dari pendahuluan, penyampaian materi, dan penutup. Pada tahap evaluasi, penilaian dilakukan dengan 2 cara yaitu evaluasi tes dan evaluasi non tes. Faktor pendukung yang terdiri dari SDM peserta didik,motivasi belajar dan fleksibel dalam pelaksanaan pembelajaran, dan kurangnya manajemen waktu, adanya gangguan sekitar seperti keadaan rumah yang tidak kondusif, sebagian siswa masih terkendala akses internet
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pembelajaran PPKn, Google Classroom, Covid-19 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 00:53 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 00:53 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34777 |
Actions (login required)
View Item |