ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM UPAYA PENGEMBANGAN USAHA TANAMAN HIAS DI DESA BANYUMULEK KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Pauzul, Kurniawan (2023) ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM UPAYA PENGEMBANGAN USAHA TANAMAN HIAS DI DESA BANYUMULEK KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_PAUZUL KURNIAWAN_ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM UPAYA PENGEMBANGAN USAHA TANAMAN HIAS DI DESA BANYUMU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
J_PAUZUL KURNIAWAN_ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM UPAYA PENGEMBANGAN USAHA TANAMAN HIAS DI DESA BANYUMU.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengarunhi usaha tanaman hias di Desa Banyumulek, (2) mengetahui strategi yang paling sesuai dengan pengembangan usaha tanaman hias di Desa Banyumulek, dan (3) mengetahui pendapatan usaha tanaman hias di Desa Banyumulek. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Unit analisis pada penelitian ini adalah Usaha tanaman hias di Desa Banyumulek. Sampel penelitian diambil secara sensus dan accidental sampling. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sember data yang digunakan adalah data primer dan skunder.analisis data yang digunakan adalah analisis pendapatan dan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah Faktor lingkungan internal yang memiliki pengaruh sekaligus menjadi kekuatan utama bagi pengusaha tanaman hias di Desa Banyumulek Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat adalah lokasi usaha yang strategis dengan nilai skor tertinggi sebesar 0,38 dan ancaman utama adalah kurang gencarnnya aktivitas promosi dengan nilai skor 0,20. Faktor eksternal yang memiliki pengarus sekaligus menjadi peluang utama bagi pengusaha tanaman hias di Desa Banyumulek Kexamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat adalah kemitraan pihak lain dengan nilai skor 0,45, sedangkan ancaman utama adalah loyalitas konsumen yang kurang dengan nilai skor 0,30. Dengan analisis diagram SWOT diperoleh titik koordinat (0,91;1,15) yang mana koordinat ini berada pada kuadran 1 yaitu strategi agresif. Strategi ini menunjukan situasi yang sangat menguntungkan bagi pengusaha tanaman hias, sehingga alternative strategi yang paling sesuai dalam pengembangan usaha tanaman hias di Desa Banyumulek dan menjadi prioritas strategi adalah melakukan pengembangan produk dengan nilai STAS sebesar 6,00. Dari analisis biaya diketahui bahwa total biaya yang dibutuhkan dalam usahatani tanaman hias sebesar Rp. 27.491.863, sedangkan total penerimaan usahatani tanaman hias adalah sebesar Rp. 61.430.714, sehingga dapat diketahui pendapatan pengusaha tanaman hias di Desa Banyumulek sebesar Rp. 33.938.851. jika dirata- ratakan pendapatan pengusaha usaha budidaya tanaman hias perbulannya sebesar Rp. 2.828.238/bulan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Bisnis, Pengembangan Usaha, Tanaman Hias
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2023 00:53
Last Modified: 26 Jan 2023 00:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34778

Actions (login required)

View Item View Item