ANALISIS PENGARUH KECEPATAN DAN HAMBATAN SAMPING TERHADAP TUNDAAN LALU LINTAS PADA SIMPANG TAK BERSINYAL

Nur Inayah Putri, Rizkiah (2023) ANALISIS PENGARUH KECEPATAN DAN HAMBATAN SAMPING TERHADAP TUNDAAN LALU LINTAS PADA SIMPANG TAK BERSINYAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR _ NUR INAYAH PUTRI RIZKIAH _ F1A017125.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Simpang merupakan suatu bagian jalan yang menjadi titik pertemuan dari berbagai pergerakan arus lalu lintas. Pada tipe simpang tak bersinyal sering terjadi kemacet pada jam-jam tertentu. Contoh kasus seperti pada simpang empat Universitas Muhammadiyah Mataram merupakan kawasan pertokoan, pemukiman dan pedidikan. Selain itu juga, terdapat pedagang kaki lima serta aktivitas langsung pejalan kaki dan kendaraan yang cukup ramai. Kondisi tersebut mengakibatkan kecepatan kendaraan mengalami penurunan sehingga terjadi antrian panjang dan membutuhkan waktu tempuh tambahan bagi kendaraan yang ingin melewati. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan perhitungan kinerja simpang tak bersinyal dengan menggunakan MKJI 1997, kecepatan dan hambatan samping. Total dari kecepatan dan hambatan samping akan digunakan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh terhadap tundaan. Hasil analisis kinerja simpang empat Universitas Muhammadiyah Mataram diperoleh kapasitas sebesar 2542 smp/jam, derajat kejenuhan sebesar 0,816, nilai tundaan simpang (D) sebesar 22,15 det/smp dan peluang antrian sebesar 53,16% - 26,81%. Hasil dari analisis regresi secara simultan untuk variabel kecepatan terhadap tundaan diperoleh nilai (R2) sebesar 0,64 sehingga nilai (r) berada pada rentang 0,7 < r < 0,9. Untuk variabel hambatan samping terhadap tundaan diperoleh nilai (R2) sebesar 0,69 sehingga pengaruh varibel sebesar 69% dan ditinjau secara terpisah (secara parsial) untuk variabel jenis hambatan samping yang paling berpengaruh yaitu pejalan kaki (PED) dengan nilai (R2) sebesar 0,84 sehingga tingkat pengaruh variabel tersebut sebesar 84% dan diperkuat nilai (r) sebesar 0,91 sehingga menunjukan pengaruh kuat terhadap tundaan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kecepatan, hambatan samping dan tundaan, MKJI 1997
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2023 00:54
Last Modified: 26 Jan 2023 00:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34785

Actions (login required)

View Item View Item