ANALISIS AERODYNAMIC PERFORMANCE AIRFOIL NREL S826 DENGAN MODIFIKASI SINGLE SLOTTED FLAP DAN LEBAR GAP PADA BERBAGAI VARIASI MODEL TURBULEN MENGGUNAKAN ANSYS 2022 R2

MUHAMMAD ALVIAN, MAULANA (2023) ANALISIS AERODYNAMIC PERFORMANCE AIRFOIL NREL S826 DENGAN MODIFIKASI SINGLE SLOTTED FLAP DAN LEBAR GAP PADA BERBAGAI VARIASI MODEL TURBULEN MENGGUNAKAN ANSYS 2022 R2. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA M.Alvian Maulana (F1C117022) FIX(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan aerodynamic performance sebuah airfoil, salah satunya dengan menambahkan Flap yang di tempatkan pada trailing edge airfoil. Flap yang digunakan pada penelitian ini berjenis single sloted flap. Flap berfungsi untuk memodifikasi lift. Adanya penambahan flap pada suatu airfoil tentu saja akan membuat gap antara badan airfoil dan flap, hal itu tentunya akan mempengaruhi aerodynamic performance. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah simulasi Computational Fluid Dynamic dengan software Ansys Student 2022 R2. Objek penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sudut defleksi flap terhadap Panjang flap dan lebar gap pada berbagai variasi model turbulen. aerodynamic performance pada modifikasi airfoil NREL S826 menggunakan software ANSYS. Penelitian dilakukan dengan panjang flap 20%C dengan lebar gap 7 mm, defleksi flap -10°,0°,10°,20°,30°dan 40° pada sudut serang 0°. dengan variasi model turbulen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh sudut defleksi flap terhadap Panjang flap dan lebar gap pada 5 model turbulen berpengaruh terhadap aerodynamic performance airfoil NREL S826. pada setiap defleksi flap -10°, 0°, 10°, 20°, 30°, 40°. panjang flap 20%C dengan lebar gap 7 mm, AoA 0. Selalu memilki nilai lift dan nilai drag tertinggi pada δ = 40° di tiap-tiap model turbulen.dengan nilai lift = 1.3531 pada Model Spalart-Allamaras, 1.2926 pada Model turbulen k-ε, 1.2275 pada Model turbulen standar k- ω, 1.2452 pada model turbulen Transition shear stress transpot (SST k- ω), 1.4463 pada Model Turbulen K-kl-omega. Kemudian nilai drag = 0.1068 pada Spalart- Allamaras, 0.1018 pada Model turbulen k-ε, 0.1000 pada Model turbulen standar k- ω, 0.1023 pada model turbulen Transition shear stress transpot (SST k- ω), 0.1038 pada Model turbulen K-kl-omega

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Airfoil, Flap, gap, Aerodynamic performance, rasio (CL/CD) dan model turbulen
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2023 00:54
Last Modified: 26 Jan 2023 00:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34787

Actions (login required)

View Item View Item